Efikasi Diri, Pengaturan Diri, dan Prestasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Hibrid Koloid Termediasi Konferensi Video dan Chemondro

Royyaan, Choirunnisa Fathur (2018) Efikasi Diri, Pengaturan Diri, dan Prestasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Hibrid Koloid Termediasi Konferensi Video dan Chemondro. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-choirunnisa-fathur-royyaan-16728251020.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan efikasi diri, pengaturan diri dan prestasi belajar kognitif; (2) perbedaan efikasi diri; (3) perbedaan pengaturan diri (4) prestasi belajar kognitif; (5) perbedaan profil efikasi diri; dan (6) perbedaan profil pengaturan diri antara peserta didik pada pembelajaran hibrid termediasi konferensi video dan game chemondro (A), pembelajaran hibrid termediasi konferensi video (B), dan pembelajaran menggunakan game chemondro (C) pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain post test only. Penelitian ini menggunakan tiga kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen A, B, dan C. Sampel penelitian ini adalah 205 peserta didik kelas XI SMAN 05 Purwokerto dan MAN 1 Purwokerto. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data efikasi diri dan pengaturan diri dikumpulkan menggunakan angket, dan data prestasi belajar menggunakan soal tes koloid. Hasil analisis intrumen menunjukan Alpha Cronbach dengan nilai koefisien dapat diterima untuk efikasi diri dan pengaturan diri dan baik untuk prestasi belajar peserta didik. Analisis data mengguanakan uji manova untuk mengetahui perberbedaan efikasi diri, pengaturan diri dan prestasi belajar peserta didik. Profil efikasi diri dan pengaturan diri dianalisis dengan deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan: (1) efikasi diri, pengaturan diri dan prestasi belajar kognitif; (2) efikasi diri; (3) pengaturan diri; (4) prestasi belajar antara peserta didik pada ketiga kelas yang digunakan dalam sampel penelitian; (5) profil efikasi diri pada kelas A lebih baik dibandingan dengan kelas B dan C; (6) profil pengaturan diri pada kelas A lebih baik dibandingkan dengan kelas B dan C.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, pengaturan diri, prestasi belajar kimia, pembelajaran hibrid, chemondro, konferensi video, koloid
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:06
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59816

Actions (login required)

View Item View Item