Penerapan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa

Setyowati, C. Suci Puji (2018) Penerapan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-c-suci-puji-setyowati-16728251028.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan pengaruh penerapan pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) dengan pendekatan kontekstual pada materi laju reaksi terhadap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa; dan kualitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PPR. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan post-test only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA di DIY yang setara dengan SMA Kolese De Britto. Sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA-5 sebagai kelas eksperimen dengan 23 siswa menggunakan pendekatan PPR dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol dengan 22 siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes yang dilakukan berupa soal pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa. Non tes yang dilakukan berupa angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan PPR dengan pendekatan kontekstual pada materi laju reaksi terhadap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Pembelajaran PPR memiliki kualitas yang baik ditunjukkan dengan frekuensi gabungan kategori sangat tinggi dan tinggi mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Hasil pengisian lembar refleksi, siswa merasa: senang; tidak kesulitan dalam memahami materi; mendapatkan nilai kerja sama, kebersamaan dan ketelitian; akan belajar lebih keras; dan membantu teman dalam belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, laju reaksi, pendekatan paradigma pedagogi reflektif, prestasi belajar, refleksi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:05
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59815

Actions (login required)

View Item View Item