UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN REWARD STICKER PICTURED TERHADAP SISWA KELAS IIB SD N 1 SRANDAKAN BANTUL

Khasanah, Fajriyatul (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN REWARD STICKER PICTURED TERHADAP SISWA KELAS IIB SD N 1 SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
FAJRIYATUL KHASANAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dengan reward sticker pictured terhadap siswa kelas IIB SD N I Srandakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIB SD N I Srandakan yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Pengumpulan data menggunakan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar pada siswa kelas IIB SD N I Srandakan. Kedisiplinan belajar siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan reward sticker pictured, yaitu: (1) mengondisikan kelas, (2) memberikan apersepsi dan motivasi, (3) menggunakan reward sticker pictured dalam upaya membina dan mengembangkan disiplin belajar siswa, (4) menggunakan reward sticker pictured sesuai dengan kondisi psikologi peserta didik, (5) menggunakan reward dan punishment yang tepat dalam upaya meningkatkan disiplin belajar siswa, dan (6) melaksanakan kegiatan refleksi dari proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil persentase jumlah siswa yang memiliki kedisiplinan belajar kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus I 54% dan siklus II 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward sticker pictured dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas IIB SD N I Srandakan. Kata kunci: kedisiplinan belajar, reward sticker pictured

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59814

Actions (login required)

View Item View Item