PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS IVC SD NEGERI BANTUL TIMUR, BANTUL

Praseti, Fatikha Kurnia (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS IVC SD NEGERI BANTUL TIMUR, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fatikha Kurnia Praseti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan: (1) proses pembelajaran, dan (2) keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R siswa kelas IVC SD Negeri Bantul Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVC yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVC SD Negeri Bantul Timur. Siswa lebih aktif ditandai dengan siswa berpartisipasi aktif pada setiap kegiatan pembelajaran. Siswa lebih antusias ditandai banyaknya dengan siswa bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa juga lebih tertarik mengikuti pembelajaran, ditandai dengan siswa fokus dan menaruh perhatian yang lebih pada saat guru menjelaskan, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi dan mempraktikkan lima tahapan pada metode SQ3R. Peningkatan nilai rerata tes membaca pemahaman pada siklus I sebesar 12,01, yang kondisi awal 58,79, meningkat menjadi 70,80, dan pada siklus II sebesar 20,35, yang kondisi awal 58,79, meningkat menjadi 79,14. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode SQ3R, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59812

Actions (login required)

View Item View Item