HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA

Menamwati, Heni (2012) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Heni_Menamwati.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Minat belajar siswa, (2) Persepsi tentang fasilitas laboratorium komputer, (3) Kelayakan sarana dan prasarana, (4) Hubungan minat belajar terhadap hasil belajar TIK, (5) Hubungan persepsi tentang fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar TIK, dan (6) Hubungan minat belajar dan persepsi tentang fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar TIK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jumlah populasi sebesar 130 siswa dan sampel yang digunakan adalah 98 siswa dengan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan observasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel minat belajar dan persepsi tentang fasilitas laboratorium komputer, sedangkan metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang kelayakan fasilitas laboratorium komputer. Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan Analisis Regresi Ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Minat belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi yaitu sebesar 89%, (2) Persepsi tentang fasilitas laboratorium komputer berada pada kategori sangat tinggi yaitu sebesar 88%, (3) Laboratorium komputer di SMP Negeri 11 Yogyakarta tergolong sangat layak dengan presentase sebesar 88,3%, (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar TIK dengan sumbangan efektif sebesar 8,1%, (5) Terdapat Hubungan Positif dan Signifikan Persepsi Tentang Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar TIK dengan sumbangan efektif sebesar 11,5%, (6) Terdapat Hubungan Positif dan Signifikan Minat Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar TIK dengan sumbangan efektif sebesar 21,2%. Kata kunci :Minat Belajar, Persepsi Tentang Fasilitas Laboratorium Komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:11
Last Modified: 29 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item