UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD N 3 PENGASIH

Perdana, Efan Frida (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD N 3 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Efan Frida Perdana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran di kelas IV pada SD N 3 Pengasih. Pendekatan yang digunakan adalah Realistic MathematicsEducation. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelasdengan model Kemmis dan McTanggart. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen tes ini dilakukan pengujian validitas isi dan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilannya adalah 75% dari seluruh siswa berada di atas batas KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar materi pengukuran mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rerata evaluasi siklus I dari 57,6 menjadi 77,2 pada siklus II. Persentase peningkatan siswa yang tuntas sebesar 63% dari 14,8% menjadi 77,8%. Kata kunci: matematika, pengukuran, realistic mathematics education.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59809

Actions (login required)

View Item View Item