Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Kerjasama Peserta Didik

Pritasari, Ade Cyntia (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Kerjasama Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis-ade-cyntia-pritasari-16708251017.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom untuk pembelajaran materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, dan (2) efektivitas perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan keterampilan argumentasi dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek uji coba lapangan terbatas adalah 32 peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Magelang. Subjek uji lapangan utama adalah 32 peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen) dan masing-masing 32 peserta didik kelas VII B dan VII D (kelas kontrol) SMP Negeri 2 Magelang. Data kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh melalui penilaian ahli menggunakan angket penilaian kelayakan. Data efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui nilai gain keterampilan argumentasi dan kerjasama. Analisis efektivitas dengan menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dengan penilaian sangat baik. Pembelajaran IPA menggunakan perangkat pembelajaran model problem based learning berbantuan google classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi dan kerjasama peserta didik (p < 0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: google classroom, kerjasama, keterampilan argumentasi, perangkat pembelajaran, problem based learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:05
Last Modified: 09 May 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59807

Actions (login required)

View Item View Item