Studi Evaluatif Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri Kota Yogyakarta

Novaliah, Novaliah (2018) Studi Evaluatif Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novaliah-16701251002.swf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran kimia seolah-olah tidak terdapat muatan nilai karakter, padahal pendidikan karakter dalam pembelajaran kimia telah tertanam baik secara implisit maupun eksplisit, terlebih pada Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan pendidikan karakter di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pendidikan karakter yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia yang mengajar di kelas XI dan peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri kota Yogyakarta. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar telaah dokumen RPP, lembar observasi guru dan peserta didik, angket, dan wawancara. Instrumen telaah dokumen dan observasi divalidasi dengan teknik expert judgement dan formula Aiken’s V, sedangkan reliabilitasnya diestimasi dengan interclass correlation coefficient. Validitas angket dihitung dengan teknik analisis factor eksploratori dan reliabilitasnya diestimasi dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif, kuantitatif, dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran kimia berada pada kategori baik; (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran kimia baik ditinjau dari sisi guru maupun peserta didik berada pada kategori baik; (3) pelaksanaan penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran kimia berada pada kategori kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat komponen yang tidak memenuhi standar. Oleh karena itu, diberikan rekomendasi untuk melakukan pengayaan pelaksanaan penilaian karakter dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: studi evaluatif, pendidikan karakter, pembelajaran kimia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:50
Last Modified: 09 May 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59801

Actions (login required)

View Item View Item