Keefektifan Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Self-Efficacy.

Aprisal, Aprisal (2018) Keefektifan Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Self-Efficacy. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aprisal-16709251019.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keefektifan pembelajaran missouri mathematics project dengan pendekatan problem solving(MMP-PS) dan pembelajaran missouri mathematics project (MMP) ditinjau dari kemampuan penalaran matematika, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy dan (2) mendeskripsikan antara MMP-PS dengan MMP ditinjau dari kemampuan penalaran matematika, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent (pretest and posttest). Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriawa. Kelas VIII A dan VIII B terpilih secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran missouri mathematics project dengan pendekatan problem solving dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran missouri mathematics project. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari soal tes kemampuan penalaran matematika, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket self-efficacy. Keefektifan MMP-PS maupun MMP ditinjau dari kemampuan penalaran matematika, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy menggunakan uji t satu sampel. Perbedaan kemampuan penalaran matematika, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy siswa sebelum dan sesudah perlakuan dianalisis menggunakan MANOVA. Perbandingan keunggulan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji t Benferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran MMP-PS efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika, kemampuan komunikasi matematis, dan self-efficacy. Pembelajaran MMP hanya efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika dan kemampuan komunikasi matematis. Selain itu, pembelajaran MMP-PS lebih unggul dari pembelajaran MMP ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Missouri mathematics project, problem solving, kemampuan penalaran matematika, kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:43
Last Modified: 09 May 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59800

Actions (login required)

View Item View Item