RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL (RGEC) SEBAGAI PREDIKTOR TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN

Sadida, Bela Diena (2018) RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL (RGEC) SEBAGAI PREDIKTOR TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
BelaDienaSadida_14808144012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risk profile, good corporate governance, earnings dan capital terhadap kondisi financial distress pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan adalah tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2016. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 38 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa risk profile dengan proksi Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio tidak berpengaruh terhadap kondisi financial distress perusahaan perbankan. Good Corporate Governance yang diproksikan dengan ukuran dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kondisi financial distress perusahaan perbankan. Earnings dengan proksi Return on Assets (ROA) tidak berpengaruh sedangkan proksi Net Interest Margin (NIM) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kondisi financial distress perusahaan perbankan. Capital dengan proksi Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif signifikan terhadap kondisi financial distress. Nilai Nagelkerke R Square dalam penelitian ini sebesar 0,813 yang berarti kemampuan variabel Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning dan Capital mampu menjelaskan variabel kondisi Financial Distress sebesar 81,3%. Sisanya sebesar 19,7% variabel dependen dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 17 Sep 2018 00:21
Last Modified: 30 Jan 2019 17:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59798

Actions (login required)

View Item View Item