Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Tes Formatif pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Kulon Progo

Syamsuddin, Syaiful (2018) Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Tes Formatif pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syaiful-syamsuddin-16701251035.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kausal baik secara langsung maupun tidak langsung antara kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan emosional, tes formatif dan hasil belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini ialah expost facto dengan populasi seluruh Sekolah SMP negeri di Kabupaten Kulon Progo. Sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan teknik multistage random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 380 siswa SMP negeri di Kabupaten Kulon Progo dari enam sekolah dengan tiga kategori yakni tinggi, sedang, dan rendah yang dilihat berdasarkan hasil Ujian Nasional (UN). Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes dengan instrumen penelitian tes kemampuan pemecahan masalah, tes formatif, tes hasil belajar matematika, dan angket kecerdasan emosional. Instrumen yang digunakan telah melalui uji validitas, uji coba instrumen dan uji reliabilitas. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah mempunyai pengaruh langsung terhadap tes formatif dan mempunyai pengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika; (2) kemampuan pemecahan masalah berpengaruh secara tidak langsung melalui tes formatif terhadap hasil belajar matematika; (3) kecerdasan emosional mempunyai pengaruh langsung terhadap tes formatif dan pengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika; (4) kecerdasan emosional berpengaruh tidak langsung melalui tes formatif terhadap hasil belajar matematika (5) tes formatif mempunyai pengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika sebesar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan emosional, tes formatif, dan hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:44
Last Modified: 09 May 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59797

Actions (login required)

View Item View Item