Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Sosiologi Tingkat Sekolah Menengah Atas (Studi: SMA Negeri 1 Yogyakarta dan SMA Negeri 11 Yogyakarta

Wita, Gusmira (2018) Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Sosiologi Tingkat Sekolah Menengah Atas (Studi: SMA Negeri 1 Yogyakarta dan SMA Negeri 11 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gusmira-wita-16705251029.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) dimensi-dimensi yang mempengaruhi HOTS peserta didik pada pembelajaran Sosiologi, (2) dimensi yang dominan mempengaruhi HOTS peserta didik pada pembelajaran Sosiologi, dan (3) tingkat HOTS peserta didik pada pembelajaran Sosiologi SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 196 yang diambil dari peserta didik program studi ilmu sosial di SMA Negeri 1 Yogyakarta dan SMA Negeri 11 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essai dan kuisioner. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi melalui expert judgment dan validitas konstruk. Realibilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dan analisis model Rasch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat sembilan dimensi yang mempengaruhi HOTS peserta didik pada pembelajaran Sosiologi, yaitu (a) kemampuan menyelesaikan masalah, (b) kemampuan menganalisis, (c) kemampuan menciptakan, (d) kemampuan berfikir induktif, (e) kemampuan berfikir deduktif, (f) kemampuan mengambil keputusan, (g) kemampuan mengevaluasi, (h) kemampuan berfikir kritis, dan (i) kemampuan melakukan penelitian sosial; (2) dimesi yang dominan adalah kemampuan menyelesaikan masalah dengan nilai eigen value 7.442 dan nilai varian 25.661%; dan (3) tingkat HOTS peserta didik pada pembelajaran Sosiologi SMA berada pada tingkatan menengah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: HOTS; EFA; Pembelajaran Sosiologi.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:26
Last Modified: 09 May 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59793

Actions (login required)

View Item View Item