Pengembangan Media Pembelajaran (Hombo Batu) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram Dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika SMA

Saputra, M. Reza Dwi (2018) Pengembangan Media Pembelajaran (Hombo Batu) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram Dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-reza-dwi-saputra-16726251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran (Hombo Batu) berbantuan Android yang valid untuk peserta didik SMA kelas X MIPA; (2) memperoleh hasil kefektifan media pembelajaran (Hombo Batu) berbantuan Android dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan keterampilan berpikir peserta didik SMA kelas X MIPA. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan desain model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Pengembangan media pembelajaran di dilakukan dengan menganalisis masalah, mendesain produk awal, uji ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba terbatas adalah 30 siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 6 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan yaitu 32 siswa kelas X MIPA 4 SMA N 6 Yogyakarta sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan media Powerpoint dan 22 peserta didik X MIPA 7 SMA N 6 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media Hombo Batu berbantuan Android. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Instrumen non tes meliputi penilaian produk dan materi. Instrumen tes meliputi pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Anava mixed design. Penelitian menghasilkan media pembelajaran (Hombo Batu) berbantuan android yang valid digunakan dalam pembelajaran Fisika SMA berdasarkan penilaian oleh validator dan uji empirik. Media pembelajaran (Hombo Batu) berbantuan Android efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan berpikir kritis peserta didik berdasarkan analisis effect size dengan nilai masing-masing sebesar 0,852 dan 0,798 dengan interpretasi large effect size

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media, android, kemampuan representasi diagram, berpikir Kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:15
Last Modified: 22 Nov 2023 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59792

Actions (login required)

View Item View Item