EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PROSEDUR PENERIMAAN KAS DARI PENJUALAN TUNAI DI PT. ASELI DAGADU DJOKDJA

Dhuha, Giofanni Rahman (2018) EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PROSEDUR PENERIMAAN KAS DARI PENJUALAN TUNAI DI PT. ASELI DAGADU DJOKDJA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
GEOVANI SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah lebih lanjut tentang: 1) Standar operasional prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai yang disusun di Dagadu; 2) Pelaksanaan sistem pengendalian internal atas standar operasional prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai yang diterapkan di Dagadu; dan 3) Efektivitas sistem pengendalian internal atas standar operasional prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai yang diterapkan di Dagadu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2017 dan Januari 2018 bertempat di kantor pusat PT. Aseli Dagadu Djokdja. Subjek penelitian adalah para karyawan yang terlibat secara langsung seperti kasir, supervisor, dan staf akuntansi sedangkan objek yang diteliti adalah standar operasional prosedur (SOP) penerimaan kas dan sistem pengendalian internal yang ada di Dagadu. Teknik pengambilan dan pengumpulan menggunakan metode: 1) wawancara; 2) dokumentasi; dan 3) kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif yaitu analisis mendalam serta menyeluruh berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem pengendalian internal atas standar operasional prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai di PT. Aseli Dagadu Djokdja sudah berjalan cukup baik dimana Dagadu telah memenuhi kelima aspek berdasarkan komponen sistem pengendalian internal seperti: 1) lingkungan pengendalian; 2) proses penilaian risiko entitas; 3) sistem informasi yang relevan terhadap pelaporan keuangan; 4) aktivitas pengendalian; dan 5) pemantauan terhadap pengendalian. Jaringan prosedur, dokumen, serta catatan yang mendukungnya pun sudah lengkap. Meskipun begitu ada beberapa kekurangan yang perlu dievaluasi seperti tidak adanya divisi sendiri yang bertanggung jawab terhadap pemantauan dan evaluasi pelaksanaan sistem pengendalian tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Penerimaan Kas, Penjualan Tunai, Standar Operasional Prosedur, Evaluasi.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Sep 2018 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59779

Actions (login required)

View Item View Item