Savitri, Dina Tyas (2018) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KARANGAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 1 KARANGSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
DINA TYAS SAVITRI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan: (1) pemakaian huruf, (2) penulisan kata, (3) pemakaian tanda baca, dan (4) penulisan unsur serapan pada karangan bahasa Indonesia siswa kelas V SD N 1 Karangsari. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah karangan bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dan pencatatan cermat. Instrumen penelitian ini adalah lembar analisis mekanis. Validitas instrumen penelitian ini adalah validitas isi. Reliabilitas penelitian ini adalah stabilitas, reproduktabilitas, dan keakuratan. Unit analisis pada penelitian ini meliputi huruf, kata, tanda baca, dan unsur serapan. Teknik analisis data terdiri dari lima langkah, yaitu penentuan unit, pencatatan, reduksi data, inferensi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 758 kesalahan ejaan pada karangan siswa yang terbagi dalam empat unit. Pertama, kesalahan pemakaian huruf ditunjukkan dengan adanya kesalahan pada huruf kapital dan huruf miring sebanyak 232 kasus atau 30,60% dari jumlah kesalahan. Kedua, kesalahan penulisan kataditunjukkan dengan adanyakesalahan kata dasar, berimbuhandi- dan ber-, kata ganti –ku dan –mu, kata depandi- dan ke-, angka dan bilangan, serta singkatansebanyak 196 kasus atau 25,85% dari keseluruhan kesalahan ejaan. Ketiga, kesalahan pemakaian tanda baca ditunjukkan dengan adanyakesalahan tanda titik, koma, tanya, seru, dan petiksebanyak 284 kasus atau 37,47% dari keseluruhan kesalahan ejaan. Keempat, kesalahan penulisan unsur serapan berasal dari unsur bahasa Inggris, Arab, dan Jawa terjadi sebanyak 46 kali atau 6,08%. Kesalahan ejaan tersebut berasal dari kurangnya pemahaman tentang kaidah berbahasa yang baik dan benar dan dapat diperbaiki dengan pendekatan proses. Kata Kunci: analisis kesalahan ejaan, pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, penulisan unsur serapan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 02:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59777 |
Actions (login required)
View Item |