PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Soraida, Santi (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
santi soraida.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta; (2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta; dan (3) Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 93 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi artinya seluruh populasi dalam penelitian digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian adalah Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 93 siswa. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan metode angket. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Sebelum melakukan analisis data, diadakan pengujian prasyarat terlebih dahulu yang meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan rx1y=0,851; r2x1y=0,724; Y=1,394 X1 + 40,111. (2) terdapat penaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Prestai Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan rx2y=0,645; r2x2y=0,416; Y=0,863 X2 + 41,266. (3) terdapat pengaruh positif Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan Ry(1,2)=0,864; R2y(1,2)=0,747. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 74,73%dan masih ada 25,27% yang dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 17:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59774

Actions (login required)

View Item View Item