IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

Rahmawati, Oktavia (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_OKTAVIA RAHMAWATI_14803241015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian aspek pengetahuan dengan nilai rata-rata post test siklus I yaitu sebesar 77,73 meningkat menjadi 80,43 pada post test siklus II. Apabila dilihat dari ketuntasan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian aspek pengetahuan, pada post test siklus I sebanyak 12 atau 54,55% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada post test siklus II meningkat menjadi 91,30% atau sebanyak 21 siswa telah mencapai KKM. Peningkatan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian juga dapat dilihat dari aspek sikap yaitu pada siklus I sebesar 67,50% meningkat menjadi 83,75% pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian aspek keterampilan pada post test siklus I sebesar 76,82 meningkat menjadi 82,17 pada post test siklus II. Apabila dilihat dari ketuntasan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian pada aspek keterampilan, pada post test siklus I sebanyak 15 atau 68,18% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada post test siklus II meningkat menjadi 91,30% atau 21 siswa telah mencapai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Sep 2018 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59765

Actions (login required)

View Item View Item