PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

ARUMSARI, RETNO (2018) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018, (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018, (3) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018, dan (4) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 152 siswa, sampel penelitian ini berjumlah 110 siswa dan 30 siswa untuk uji coba instrumen. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini adalah uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai rx1y sebesar 0,528; r2x1y sebesar 0,279; dan persamaan garis regresi Y= 0,608X1 + 29,664; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai rx2y sebesar 0,483; r2x2y sebesar 0,233; dan persamaan garis regresi Y= 0,530X2 + 32,143;(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai rx3y sebesar 0,543; r2x3y sebesar 0,295; dan persamaan garis regresi Y= 0,573X3 + 34,493; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai Ry(1,2,3) sebesar 0,675; R2y(1,2,3) sebesar 0,456; dan persamaan garis regresi Y= 0,390X1 + 0,241X2 + 0,356X3 + 12,518.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar Akuntansi.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Sep 2018 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59763

Actions (login required)

View Item View Item