PENGARUH KOMPETISI, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF, DAN RISIKO PEMBIAYAAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL RENTABILITAS

Anggraini, Fifi Nur (2018) PENGARUH KOMPETISI, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF, DAN RISIKO PEMBIAYAAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL RENTABILITAS. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
FifiNurAnggraini_14808141019.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rentabilitas (NOM) sebagai mediasi antara Kompetisi (Indeks Lerner), Kualitas Aktiva Produktif (KAP), dan Risiko Pembiayaan (NPF) terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2013-2016. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Syariah yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode pengamatan 2013-2016, diperoleh 8 Bank Syariah sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Kualitas Aktiva Produktif (KAP), dan Rentabilitas (NOM) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Kompetisi dan Risiko Pembiayaan (NPF) berpengaruh dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Hasil uji kesesuaian model menunjukkan bahwa secara simultan Kompetisi (Indeks Lerner), Kualitas Aktiva Produktif (KAP), Risiko Pembiayaan (NPF), dan Rentabilitas (NOM) berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Hasil Analisis jalur menunjukkan bahwa variabel Rentabilitas tidak memediasi variabel Kompetisi, akan tetapi variabel Rentabilitas memediasi Kualitas Aktiva Produktif dan Risiko Pembiayaan terhadap Profitabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 13 Sep 2018 00:16
Last Modified: 30 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59758

Actions (login required)

View Item View Item