Taksonomi Keterampilan Pengajuan Masalah Kimia: Eksplorasi Metakognisi Mahasiswa dalam Keterampilan Pengajuan Masalah Kesetimbangan Kimia, Tesis

Sawuwu, Benny Yodi (2018) Taksonomi Keterampilan Pengajuan Masalah Kimia: Eksplorasi Metakognisi Mahasiswa dalam Keterampilan Pengajuan Masalah Kesetimbangan Kimia, Tesis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-benny-yodi-sawuwu-16728251023.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan parameter-parameter taksonomi keterampilan pengajuan masalah kimia, (2) menemukan peran strategi, pengetahuan, dan keputusan metakognitif dalam pengajuan masalah kesetimbangan kimia, (3) menganalisis interelasi komponen-komponen dimensi metakognisi yang terlibat dalam proses pengajuan masalah kesetimbangan kimia, dan (4) menemukan kriteria bacaan kimia yang dapat menstimulasi metakognisi mahasiswa kimia dalam suatu aktivitas pengajuan masalah kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi sequential exploratory. Dalam studi kualitatif, sebanyak 20 mahasiswa S1 Program Internasional Pendidikan Kimia FMIPA UNY semester 5 tahun akademik 2017-2018 berpartisipasi secara sukarela dalam penelitian ini. Sebagai penstimulasi pengajuan masalah kimia, dirancang dua artikel kimia bertema kesetimbangan kimia. Selain itu, digunakan pedoman wawancara untuk mengeksplorasi setiap dimensi metakognisi yang ingin diteliti. Partisipan diminta untuk melakukan think-aloud selama proses pengajuan masalah tersebut. Seluruh data think-aloud ditranskripsi dan diverifikasi kembali oleh partisipan. Parameter taksonomi pengajuan masalah kimia ditemukan dengan menggunakan analisis semiotika lembar pengajuan masalah kimia. Peran komponen metakognisi ditemukan dari reduksi fenomenologi hasil wawancara. Hasil temuan studi kualitatif ini dikembangkan menjadi instrumen eksplorator metakognisi dalam keterampilan pengajuan masalah kesetimbangan kimia. Taksonomi dan instrumen yang dibuat divalidasi dalam forum focus group discussion. Studi kuantitatif diikuti oleh 110 mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY semester 3 tahun akademik 2017-2018. Sebanyak 76 data memenuhi kualifikasi masalah kimia dan dianalisis dengan model persamaan struktural partial least squares. Berdasarkan studi yang dilakukan, ditemukan ada empat parameter yang mengonstruksi taksonomi keterampilan pengajuan masalah kimia yaitu level berpikir, struktur masalah, pemahaman kimia, dan ketepatan konsep. Tahapan pengajuan masalah dimulai dari tahap inisiasi, aktivitas membaca metakognitif, penentuan masalah, penulisan masalah, dan terminasi. Pada setiap tahap tersebut dipengaruhi secara spesifik oleh masing-masing komponen strategi, pengetahuan, dan keputusan metakognitif. Strategi metakognitif secara signifikan mempengaruhi kinerja aktual keterampilan pengajuan masalah kimia. Untuk menstimulasi aktivitas metakognitif ini ditemukan beberapa kriteria bacaan kimia metakognitif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesetimbangan kimia, keterampilan pengajuan masalah, metakognisi, taksonomi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:24
Last Modified: 09 May 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59756

Actions (login required)

View Item View Item