PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SHARING WITH SYARI” BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH

Fitriana, Erna (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SHARING WITH SYARI” BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ERNA FITRIANA_14803244002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) media pembelajaran“Sharing with Syari” berbasis video animasi untuk meningkatkatkan literasi keuangan syariah. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) mengembangkan media pembelajaran “Sharing with Syari” berbasis video animasi untuk meningkatkan literasi keuangan syariah; 2) mengetahui kelayakan aspek materi dan aspek media pembelajaran “Sharing with Syari” berbasis video animasi untuk meningkatkan literasi keuangan syariah; 3) mengetahui peningkatan literasi keuangan syariah aspek pengetahuan keuangan syariah menggunakan media pembelajaran “Sharing with Syari”. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap design dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan praktisi serta uji pengembangan. Pada uji pengembangan produk, penelitian ini juga menggunakan eksperimen untuk melihat kenaikan literasi keuangan dengan membandingkan dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Pada tahap disseminate dilakukan uji validasi dan penyebaran. Objek penelitian adalah media pembelajaran literasi keuangan syariah “Sharing with Shari” berbasis video animasi. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi, skor rata rata aspek materi adalah sebesar 4,78 (Sangat Layak), dan aspek media sebesar 4,42 (Sangat Layak). Berdasarkan respon mahasiswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek materi sebesar 4,2 (Sangat Layak) dan aspek media sebesar 4,6 (Sangat Layak). Hasil uji validasi untuk mengukur peningkatan pengetahuan mahasiswa yang dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest. Uji produk dengan menggunakan eksperimen. Hasil uji tersebut menunjukan Pada kelas eksperimen yang menggunakan media “Sharing with Syari” menunjukan peningkatan rata – rata nilai pretest dan posttest sebesar 32,28 dan nilai gain sebesar 0,486 (Sedang). Sedangkan pada kelas kontrol hanya menunjukan peningkatan nilai rata – rata pretest dan posttest sebesar 8,28 dan nilai gain sebesar 0,116 (Rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sharing with Syari, Video Animasi, Media Pembelajaran, Literasi Keuangan Syariah
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:11
Last Modified: 30 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59749

Actions (login required)

View Item View Item