UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SORONALAN 1 SAWANGAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Puspitasari, Dewi (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SORONALAN 1 SAWANGAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dewi Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Soronalan 1, Sawangan, Magelang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan metode Active Learning. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Soronalan 1, Sawangan, Magelang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Soronalan 1 yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan metode Active Learning dengan tipe Quiz Team yang memfokuskan pada keterlibatan siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Soronalan 1. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan metode Active Learning nilai rata-rata meningkat dari 40,64 menjadi 79 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 18% menjadi 77%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 88 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 77% menjadi 95%. Kata kunci: active learning, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:18
Last Modified: 30 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59746

Actions (login required)

View Item View Item