IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS RAMAH ANAK DI MIN 1 BANTUL

Nurhidayah, Desy (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS RAMAH ANAK DI MIN 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Desy Nurhidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius melalui pembelajaran yang ramah anak dengan mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran yang ramah anak di MIN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius melalui pembelajaran yang ramah anak dilakukan mulai dari perencanaan pebelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga penilaian. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan karakter religius dalam silabus dan RPP serta menciptakan lingkungan yang menunjang. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan hak anak serta didukung dengan fasilitas yang menunjang pendiidkan karakter religius. Penilaian dilakukan dengan menggunakan penilaian berbasis proses dan mengedepankan penilaian otentik, menerapkan beragam bentuk penilaian pada penilaian aspek afektif, serta tanpa membandingkan satu peserta didik dengan peserta didik yang lainnya. Kata kunci: Pendidikan Karakter Religius, Pembelajaran Ramah Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:02
Last Modified: 30 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59745

Actions (login required)

View Item View Item