PENGARUH PENGUATAN POSITIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN BOROBUDUR, MAGELANG

Rochmah, Ari Laili (2018) PENGARUH PENGUATAN POSITIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN BOROBUDUR, MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ARI LAILI ROCHMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan positif dan konsep diri secara parsial maupun simultan terhadap percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se- Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang yang berjumlah 627 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 244 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data penguatan positif, konsep diri, dan percaya diri menggunakan skala psikologi. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 150 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus indeks daya beda menggunakan rumus korelasi item total terkoreksi. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan uji regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penguatan positif dan konsep diri baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa. Kata kunci : percaya diri, penguatan positif, konsep diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2018 05:55
Last Modified: 30 Jan 2019 17:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59742

Actions (login required)

View Item View Item