UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 2 SLEMAN

Fauziah, Ani (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ANI FAUZIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil dari keterampilan menulis tegak bersambung menggunakan strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Domban 2 Sleman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah Domban 2 yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil keterampilan menulis tegak bersambung menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Muhammadiyah Domban 2. Peningkatan proses ditunjukan dengan siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan aktif melakukan tanya jawab dengan guru. Siswa dapat menulis huruf tagak bersambung dengan baik dan aktivitas guru serta siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil keterampilan menulis tegak bersambung juga dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas. pada tes pratindakan nilai rata-rata keterampilan menulis siswa kelas II adalah 65,03 dengan persentase ketuntasan 22,72% kemudian siklus I meningkat menjadi 72,07 dengan persentase ketuntasan sebesar 50% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 81,56 dengan persentase 81,81%. Nilai rata-rata pada siklus II jika dibandingkan dengan pratindakan meningkat sebesar 16,53 yang sebelumnya 65,03 menjadi 81,56. Kata kunci : Keterampilan menulis, tegak bersambung, Strategi pembelajaran kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2018 05:25
Last Modified: 30 Jan 2019 17:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59740

Actions (login required)

View Item View Item