EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA BAKPIAPIA DJOGJA DI JALAN WATES KM.3 BAYEMAN PERMAI YOGYAKARTA

Ani, Nurul Fitri (2018) EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA BAKPIAPIA DJOGJA DI JALAN WATES KM.3 BAYEMAN PERMAI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
tugas akhir nurul vitri ani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian pada Bakpiapia Djogja, (2) Mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian pada Bakpiapia Djogja. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk mengetahui pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian dengan teknik pengujian kepatuhan dengan metode stop or go sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian pada Bakpiapia Djogja belum efektif, dibuktikan dengan : a) Struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional telah dipisahkan secara tegas, namun pada Bakpiapia Djogja masih ada fungsi/bagian yang melakukan tugas dan tanggung jawabnya lebih dari satu bagian. b) sistem otorisasi dan prosedur pencatatan terhadap dokumen yang berkaitan dengan Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian sudah tergolong baik. c) praktik yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian belum sempurna. d) mutu karyawan pada Bakpiapia Djogja belum sesuai dengan tanggung jawab. (2) Efektivitas Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian pada Bakpiapia Djogja belum efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan pengujian kepatuhan dengan metode stop or go sampling terhadap 60 sampel dan ditemukan bahwa keandalan dokumen Sistem pengendalian Iintern terhadap Sistem Akuntansi Penggajian Bakpiapia Djogja belum bisa dipertanggungjawabkan serta dapat memberikan informasi yang terjamin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sistem Pengendalian Intern, Sistem Akuntansi Penggajian.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:12
Last Modified: 30 Jan 2019 17:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59735

Actions (login required)

View Item View Item