PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2017/2018

UTAMI, DIANITA PUTRI (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_14803241043_DIANITA PUTRI UTAMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 101 siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon. Uji Coba instrumen dilakukan di SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 kepada 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel Prestasi Belajar Akuntansi, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Uji prasyarat analisis dilakukan sebelum melakukan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis regresi sederhana digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk menguji hipotesis ketiga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx1y 0,320 dan r2x1y 0,102. (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 rx2y 0,316 dan r2x2y 0,100. (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan Ry(1,2) 0,430 dan R2y(1,2) 0,185.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 17:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59730

Actions (login required)

View Item View Item