Efektivitas Masase Frirage Dan Kombinasi Back Massage-Stretching Untuk Penyembuhan Nyeri Pinggang Pasien Physical Therapy Clinic FIK UNY

Utomo, Ardi (2018) Efektivitas Masase Frirage Dan Kombinasi Back Massage-Stretching Untuk Penyembuhan Nyeri Pinggang Pasien Physical Therapy Clinic FIK UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardi-utomo-14711251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh jenis perlakuan massage frirage dan kombinasi back massage-stretching untuk penyembuhan nyeri pinggang, (2) pengaruh kondisi cedera akut dan kronis terhadap penyembuhan nyeri pinggang, dan (3) interaksi jenis perlakuan dengan kondisi cedera terhadap penyembuhan nyeri pinggang yang ditunjukkan peningkatan ROM dan penurunan nyeri pinggang pada pasien PTC FIK UNY. Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah 40 orang pasien klinik PTC yang mengalami nyeri pinggang kronis maupun akut akibat aktivitas kerja yang berjenis kelamin laki-laki usia 25-50 tahun. Instrumen pengumpulan data pengukuran terhadap ROM menggunakan goniometer dan tingkat nyeri menggunakan skala nyeri rating scale. Analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh jenis perlakuan massage frirage dan kombinasi back massage-stretching untuk penyembuhan nyeri pinggang yang ditunjukkan peningkatan ROM dan penurunan nyeri pinggang pada pasien PTC FIK UNY. Terapi masase frirage lebih baik dalam menyembuhkan nyeri pinggang dibandingkan dengan kombinasi back massage-stretching. (2) Terdapat pengaruh kondisi cedera akut dan kronis terhadap penyembuhan nyeri pinggang yang ditunjukkan peningkatan ROM dan penurunan nyeri pinggang pada pasien PTC FIK UNY. Pasien nyeri kronis lebih cepat sembuh, karena merupakan nyeri lama yang kambuh kembali dibandingkan dengan pasien nyeri akut yang merupakan nyeri baru. (3) Terdapat interaksi jenis perlakuan dengan kondisi cedera terhadap penyembuhan nyeri pinggang yang ditunjukkan peningkatan ROM dan penurunan nyeri pinggang pada pasien PTC FIK UNY. Hasil analisis diketahui masase frirage lebih baik untuk menyembuhkan nyeri pinggang akut sedangkan kombinasi back massage-stretching lebih baik untuk menyembuhkan nyeri pinggang kronis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Masase frirage, kombinasi back massage-stretching, nyeri pinggang
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:50
Last Modified: 10 Jan 2022 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59729

Actions (login required)

View Item View Item