Fijri, Isfanda Devi Maharani (2018) PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI “ACCOUNTING DAYS” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
UNDERGRADUATE THESIS_ISFANDA DEVI MAHARANI FIJRI_14803241021.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) produk media pembelajaran akuntansi berupa komik edukasi “Accounting Days” untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Komik Edukasi “Accounting Days” sebagai media pembelajan akuntansi, 2) mengetahui kelayakan komik edukasi “Accounting Days” sebagai media pembelajaran akuntansi, dan 3) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII IPS setelah menggunakan komik edukasi “Accounting Days” sebagai media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap develop, terdapat penilaian kelayakan komik edukasi sebagai media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi SMA Negeri 5 Yogyakarta, serta penilaian respon siswa pada uji pengembangan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk komik edukasi ini layak untuk digunakan. Skor penilaian oleh ahli materi sebesar 4.78 (sangat layak), skor penilaian oleh ahli media sebesar 4.20 (layak) skor penilaian oleh praktisi pembelajaran akuntansi sebesar 4.05 (layak), dan respon siswa pada uji pengembangan sebesar 4.03 (layak). Analisis skor rata-rata motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata skor motivasi belajar siswa yang sebelumnya 3,21 menjadi 3,40. Namun, hasil analisis Paired Sample T Test menunjukkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan pada Motivasi Belajar Siswa setelah menggunakan Komik Edukasi “Accounting Days”. Dengan demikian, media pembelajaran komik edukasi “Accounting Days” tidak terbukti meningkatkan Motivasi Belajar Siswa secara signifikan pada kelas XII IPS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Akuntansi, Komik Edukasi, Motivasi Belajar |
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 03:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59725 |
Actions (login required)
View Item |