KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN, INFLASI, DAN GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP) DALAM MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Nurrini, Ika Wahyu (2018) KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN, INFLASI, DAN GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP) DALAM MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IKA WAHYU NURRINI_14812141014.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya perusahaan memiliki tujuan untuk memasksimalkan laba. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, Leverage Ratio, Profit Margin, Return On Asset, Inflasi, dan Gross Domestic Product terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan jasa di Bursa Efek Indonesia secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini berjumlah 59 perusahaan jasa sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling menghasilkan jumlah sampel 40 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Uji asumsi klasik dilakukan sebelum analisis linear berganda, uji t, uji F dan R2 digunakan untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji linearitas menunjukkan bahwa data tidak lolos uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya variabel Return on Asset yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan variabel Current Ratio, Total Asset Turnover, Leverage Ratio, Profit Margin, Inflasi, Gross Domestic Product tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Secara simultan Current Ratio, Total Asset Turnover, Leverage Ratio, Profit Margin, Return On Asset, Inflasi, Gross Domestic Product berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Pada uji determinasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 11,2% yang artinya sebanyak 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio, Total Asset Turnover, Leverage Ratio, Profit Margin, Return On Asset, Inflasi, Gross Domestic Product, dan Pertumbuhan Laba.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 17:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59721

Actions (login required)

View Item View Item