PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PENGGUNAAN APLIKASI RANGKUMAN MATERI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2017/2018

APRILIAUTAMI, WULAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PENGGUNAAN APLIKASI RANGKUMAN MATERI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Wulan Apriliautami.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penggunaan Aplikasi Rangkuman Materi Akuntansi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran Ekonomi-Akuntansi dengan peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif dan dokumentasi. Instrumen data yang digunakan yaitu Lembar Observasi dan Catatan Lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penggunaan Aplikasi Rangkuman Materi Akuntansi dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2017/2018, ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai skor minimal Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum sebesar ≥15 pada siklus I sebanyak 8 siswa meningkat menjadi 20 siswa pada siklus II. Sejumlah 20 siswa yang telah memenuhi kriteria skor Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum sebesar ≥15 pada siklus II menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum telah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu sebanyak 17 siswa. Jumlah 17 siswa berasal dari 75% 22 siswa yaitu 16,5 siswa yang dibulatkan menjadi 17 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aplikasi Rangkuman Materi Akuntansi, Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum, SMA Negeri 1 Pengasih
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 17:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59719

Actions (login required)

View Item View Item