PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII IPS SMAN 1 PLAYEN TAHUN AJARAN 2017/2018

ASTARI, MITHA (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII IPS SMAN 1 PLAYEN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_MITHA ASTARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018; (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018; (3) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018; (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Status Sosial Ekonomi Keluarga secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Objek penelitian adalah siswa kelas XII IPS SMAN 1 Playen Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah 86 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,634; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,402; dan thitung sebesar 7,511 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. 2) terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,504; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,254; dan thitung sebesar 5,345 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. 3) terdapat pengaruh positif Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,489; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,239; dan thitung sebesar 5,137 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. 4) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Status Sosial Ekonomi Keluarga secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,667; koefisien determinasi r2 x1y sebesar 0,445; dan Fhitung sebesar 21,924 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,715.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Status Sosial Ekonomi Keluarga.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:00
Last Modified: 30 Jan 2019 17:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59718

Actions (login required)

View Item View Item