Pengaruh Penerapan Pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa SMA

Primastuti, Metridewi (2018) Pengaruh Penerapan Pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-metridewi-primastuti-16728251012.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi kesetimbangan kimia terhadap 1) hasil belajar kognitif, 2) terhadap literasi sains, dan 3) terhadap hasil belajar kognitif serta literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan desain penelitian posttest design only. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Bantul. Sampel penelitian dipilih secara purposive. Sebanyak 30 peserta didik kelas eksperimen dibelajarkan dengan pendekatan STM, sedangkan 30 peserta didik di kelas kontrol dibelajarkan dengan pendekatan ilmiah (scientific approach). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes. Soal pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif pada materi kesetimbangan kimia yang mengacu pada Kurikulum 2013. Soal esai digunakan untuk mengukur literasi sains pada dimensi konten, kompetensi ilmiah, dan pengetahuan ilmiah. Soal dikembangkan dari indikator pengukuran literasi sains oleh PISA. Uji validitas dilakukan dengan uji corrected item total correlation, 23 dari 30 soal pilihan ganda, dan 18 dari 22 soal esai, valid. Reliabilitas instrumen diuji dengan Cronbach’s Alpha hasil yang diperoleh untuk soal pilihan ganda dan esai adalah 0,871 dan 0,755. Data diperoleh dari skor posttest yang dianalisis dengan memperhatikan hasil probabilitas significance dan partial eta squared pada uji MANOVA. Hasil analisis Multivariate adalah sebagai berikut. 1) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran STM terhadap hasil belajar kognitif. Pengaruh yang diberikan dari pendekatan pembelajaran STM adalah 14,7% dari nilai partial eta squared. Nilai probabilitas significance: test of between subject effects lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,002 < 0,05. 2) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran STM terhadap literasi sains. Pengaruh yang diberikan dari pendekatan pembelajaran STM adalah 7,2% dari nilai partial eta squared. Nilai probabilitas significance: test of between subject effects lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,039 < 0,05. 3) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran STM terhadap hasil belajar kognitif dan literasi sains. Pengaruh yang diberikan dari pendekatan pembelajaran STM adalah 15% dari nilai partial eta squared. Nilai probabilitas significance: multivariate test lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,005 < 0,05. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif dan literasi sains kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesetimbangan kimia, Sains Teknologi Masyarakat (STM), hasil belajar kognitif, literasi sains.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:17
Last Modified: 09 May 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59712

Actions (login required)

View Item View Item