PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP BAGI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Anissa,, Thia (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP BAGI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
THIAANISSA 16502247003 NASKAH SKRIPSI PTE FT UNY 2018.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mata kuliah Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup kurang efektif dan tidak terstruktur sehingga membutuhkan bahan ajar berupa modul. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran yang tepat pada mata kuliah Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup bagi mahasiswa Teknik Elektronika Fakultas UNY, dan (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup bagi mahasiswa Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berupa pengembangan bahan modul pembelajaran keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup dengan menggunakan metode 4D Models yaitu (1) Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), (4) Penyebaran (Disseminate) yang berisikan 14 kegiatan belajar. Metode pengumpulan data melibatkan seorang ahli materi dan seorang ahli media. Uji lapangan terhadap produk dilakukan pada 31 mahasiswa Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY angkatan 2017. Teknik analisis data menggunakan skala likert-4 dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukan bahwa Modul Pembelajaran Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup mendapatkan nilai 140 dari total 168 dengan kategori Sangat Layak dari Ahli Materi serta memiliki presentase rata-rata 84,20%. Penilaian dari ahli Media mendapatkan nilai 149 dari total 160 dengan kategori Sangat Layak, serta memiliki presentase rata-rata 93,83%. Sementara untuk uji lapangan produk, responden (mahasiswa) memberikan nilai 109,2 dari total 136 dengan kategori Layak, serta memiliki persentase rata-rata 80%. Pada uji lapangan, aspek yang memiliki nilai penilaian terendah yaitu penyajian dan kegrafikan, sedangkan untuk penilaian tertinggi terdapat pada aspek kelayakan isi. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup telah layak dan sesuai digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, Keselamatan-Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59711

Actions (login required)

View Item View Item