PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL DRILLING UNTUK MENIGKATKAN KEAKTIFAN AKTIFITAS POSITIF DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR A SMK NEGERI 2 KLATEN MATERI SISTEM STARTER TAHUN 2017/2018

Murfi, Ahmad Faisal (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL DRILLING UNTUK MENIGKATKAN KEAKTIFAN AKTIFITAS POSITIF DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR A SMK NEGERI 2 KLATEN MATERI SISTEM STARTER TAHUN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
04. Naskah Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan aktifitas positif dan ketuntasan hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Snowball Drilling berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu keaktifan aktifitas positif sebesar 18% atau sebanyak 6 peserta didik dan ketuntasan hasil belajar sebesar 81% atau sebanyak 27 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR A SMK N 2 Klaten yang berjumlah 33 orang peserta didik terdiri dari 31 putra dan 2 orang putri. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila angka keaktifan aktifitas positif mencapai 80% atau sebanyak 27 peserta didik dan ketuntasan belajar sebesar 85% atau sebanyak 29 peserta didik. Variabel yang diteliti adalah keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah, lembar observasi, dan soal tes. Data dianalisis secara deskriptif - kualitatif. Hasil penelitian dari penerapan metode pembelajaran Kooperatif Snowball Drilling kelas XI TKR A SMK N 2 Klaten pada materi sistem starter dapat meningkatkan keaktifan aktifitas positif dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Dari kondisi awal keaktifan aktifitas positif sebesar 18% atau sebanyak 6 peserta didik mengalami peningkatan menjadi 87,80% atau sebanyak 29 peserta didik, dan ketuntasan hasil belajar sebesar 81% atau sebanyak 27 peserta didik mengalami peningkatan menjadi 87.90% atau sebanyak 29 peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, snowball drilling
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 17:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59709

Actions (login required)

View Item View Item