PENDIDIKAN KADER DI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM MUHAMMADIYAH GALUR KULON PROGO

Rahmawati, Zulfa (2018) PENDIDIKAN KADER DI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM MUHAMMADIYAH GALUR KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Zulfa Rahmawati_13110241004.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan pendidikan kader di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. 2) mendeskripsikan nilai-nilai dalam pendidikan kader di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Direktur Pondok pesantren, 3 Ustazd, 3 Pendidik Kurikuler Pendidikan Kader, dan 3 Santri Pondok Pesantren. Objek penelitian ini adalah pendidikan kader di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul ‘Ulum Galur Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendidikan kader Muhammadiyah di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo melaksanakan pendidikan kader yang direalisasikan melalui kegiatan di dalam pondok dan di luar pondok pesantren. Kegiatan tersebut adalah pendidikan kader melalui kegiatan di Pondok Pesantren, Hizbul Wathan, Tapak Suci, dan organisasi IPM. (2) Dalam pendidikan kader di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo, terdapat nilai-nilai yang ada pada kader diantaranya nilai kepemimpinan, nilai menjalankan amanat, nilai menjadi penggerak dan nilai menjalankan estafet organisasi. (3) Faktor pendukung pendidikan kader ialah semangat santri dan orang tua untuk sekolah dan mondok di Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur serta adanya dukungan dari seluruh warga sekolah. Faktor penghambatnyaberkaitan pendanaan dan fasilitas pondok maupun fasilitas sekolah yang belum lengkap dan banyaknya kegiatan yang harus di lalui santri setiap harinya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kader, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 17:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59704

Actions (login required)

View Item View Item