PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Rahmawati, Nurul Tri (2018) PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
NurulTriRahmawati_14808141027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah melakukan impulse buying minimal 2 kali di department store di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 175 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hedonic shopping value dan shopping lifestyle masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif. (2) Emosi positif, hedonic shopping value dan shopping lifestyle masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. (3) Secara parsial hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi, dibuktikan dengan nilai koefisien mediasi yang lebih kecil dari pengaruh langsungnya terhadap impulse buying yaitu 0,0876 < 0,400. (4) Secara parsial shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi, dibuktikan dengan nilai koefisien mediasi yang lebih kecil dari pengaruh langsungnya terhadap impulse buying yaitu 0,1480 < 0,611. Sehingga emosi positif tidak mampu menjadi variabel mediasi yang baik bagi hedonic shopping value dan shopping lifestyle dalam menciptakan impulse buying.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59700

Actions (login required)

View Item View Item