PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V SD SEGUGUS III KECAMATAN GODEAN

Aisyah, Aisyah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V SD SEGUGUS III KECAMATAN GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aisyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi muatan IPA pada siswa kelas V SD segugus III Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan kuasi eksperimen dengan desain control group pretest and posttest design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan uraian kategori C4, C5, dan C6. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi muatan IPA. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hasil uji Paired Sample T Test kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05). Selanjutnya, hasil uji Independent Sample T Test pada posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,032 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,032<0,05), sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation dengan model pembelajaran yang biasa digunakan guru. Hal tersebut ditunjukkan dengan mean posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (72,29>65,02) dengan selisih 7,27. Kata kunci: Group Investigation, kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Sep 2018 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 17:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59684

Actions (login required)

View Item View Item