PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI JATISARONO DAN SD NEGERI 1 NANGGULAN

Kaligi, Aan (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI JATISARONO DAN SD NEGERI 1 NANGGULAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aan Kaligi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Jatisarono. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental, tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Jatisarono sebagai kelompok eksperimen (21 siswa) dan kelas IV SD N Nanggulan sebagai kelompok kontrol (28 siswa). Obyek penelitian yaitu keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan adalah skala keaktifan belajar. Validitas instrumen melalui expert judgement. Teknik analisis data menggunakan t-test independent yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belalajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD N Jatisarono. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata pada ¬pre-observation kelompok eksperimen sebesar 67,67 dan post-observation sebesar 77,76. Pada kelompok kontrol rata-rata pre-test sebesar 71,54 dan skor post-test sebesar 71,54. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan pemberian reward terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika yaitu sebesar 0,001 < 0,05. Kata kunci: reward, keaktifan belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:12
Last Modified: 30 Jan 2019 17:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59670

Actions (login required)

View Item View Item