PENGARUH PRESTASI BELAJAR, KONDISI LINGKUNGAN KELUARGA DAN EKSPEKTASI KERJA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY ANGKATAN 2014

Ulfa, Luluk Dwi Rukmana (2018) PENGARUH PRESTASI BELAJAR, KONDISI LINGKUNGAN KELUARGA DAN EKSPEKTASI KERJA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY ANGKATAN 2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LULUK_13804241019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar, kondisi lingkungan keluarga dan ekspektasi kerja terhadap minat melanjutkan studi S2 pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY 2014. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri atas 3 variabel bebas yaitu prestasi belajar, kondisi lingkungan keluarga, ekspektasi kerja dan 1 variabel terikat yaitu minat melanjutkan studi S2. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2014 sebanyak 76 mahasiswa dan semuanya dijadikan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi S2. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi lingkungan keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke S2. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan ekspektasi kerja terhadap minat melanjutkan studi ke S2. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar, kondisi lingkungan keluarga dan ekspektasi kerja secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan studi ke S2 yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Nilai R² sebesar 35,4% yang berarti 35,4% minat melanjutkan studi S2 dipengaruhi oleh prestasi belajar, kondisi lingkungan keluarga dan ekspektasi kerja sedangkan sisanya sebesar 64,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kondisi Lingkungan Keluarga, Ekspektasi Kerja, Minat Melanjutkan Studi S2

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Barkah Lestari, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59655

Actions (login required)

View Item View Item