Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP

Armus, Vioni Kurnia (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-vioni-kurni-armus-16708251010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKPD IPA berbasis problem solving yang valid dan (2) mengetahui hasil uji keefektifan LKPD IPA berbasis problem solving untuk meningkatkan Scientific literacy dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 12 Padang pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengunakan empat tahapan model 4D yang meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Data penelitian dikumpulkan dengan (1) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi, lembar respon peserta didik terhadap keterbacaan LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving; dan (2) teknik tes, menggunakan lembar soal scientific literacy dan lembar soal hasil belajar kognitif peserta didik. Validasi LKPD dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru IPA. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Subjek uji coba terbatas dilakukan kepada 12 peserta didik. Uji coba lapangan dilakukan menggunakan dua kelas yang melibatkan 31 peserta didik kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Uji coba lapangan utama menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan pretest posttest control group design. Kelayakan LKPD dianalisis menggunakan tabel klasifikasi 5 kategori secara kualitatif. Efektifitas LKPD dianalisis menggunakan uji multivariate dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA berbasis problem solving yang dikembangkan dalam penelitian ini valid untuk digunakan dalam pembelajaran IPA dan mendapatkan nilai A dengan kategori sangat baik, dan (2) penerapan LKPD IPA berbasis problem solving efektif untuk meningkatkan scientific literacy dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 12 Padang pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD IPA, problem solving, scientific literacy, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:18
Last Modified: 09 May 2019 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59646

Actions (login required)

View Item View Item