Peran Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Modal Sosial Bagi Perbaikan Kualitas Sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Iqbal, Yan (2018) Peran Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Modal Sosial Bagi Perbaikan Kualitas Sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yan-iqbal-15705251022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) faktor yang mendasari munculnya modal sosial di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) unsur-unsur modal sosial yang terdapat di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (3) peran kepala sekolah dalam memanfaatkan modal sosial bagi perbaikan kualitas sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Pengumpulan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Keabsahan data menggunakan teknik tringulasi, analisis data menggunakan skema model interaktif dengan langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa. (1) Faktor yang mendasari munculnya modal sosial di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta didasari oleh: a) kerjasama yang dilakukan kepala sekolah dengan berbagai lembaga swasta dan pemerintah, serta adanya kepemilikan relasi kepala sekolah yang tergabung kedalam organisasi seperti Muhammadiyah, PGRI, MGMP dan K3S: b) kewajiban bagi semua warga sekolah yang disusun kedalam tata tertib sekolah dan adanya penanaman nilai-nilai keagamaan yang diterapkan kedalam proses belajar mengajar: c) tingginya kualitas kepercayaan antara sesama warga sekolah. (2) Unsur-unsur modal sosial yang ada meliputi: a) trust yang berasal dari hubungan profesioanalisme kerja dan dari interaksi warga sekolah: b) relasi dan jaringan dari keanggotaan organisasi yang dimiliki kepala sekolah dan guru: c) nilai dan norma yang timbul dari nilai religius, (3) Peran kepala sekolah dalam memanfaatkan modal sosial bagi kualitas sekolah terdapat pada aspek kultur sekolah, yaitu: a) peran kepala sekolah pada kultur fisik yaitu melakukan penjagaan, perbaikan dan menambah gedung sekolah baru bagi proses belajar mengajar: b) peran kepala sekolah pada kultur religius yaitu melakukan pembinaan sikap kerohanian bagi warga sekolah melalui kebijakan sholat wajib berjamaah, melaksanakan pengajian rutin siswa dan wali murid: c) peran kepala sekolah pada kultur berprestasi meliputi pemberian penghargaan kepada guru dan siswa yang telah mengikuti olimpiade dan melalaksaan kegiatan suvervisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modal sosial, Kepala sekolah
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:43
Last Modified: 09 May 2019 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59641

Actions (login required)

View Item View Item