Learning Trajectory Berpikir Statistik melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

Rahayu, Nurwanti Adi (2018) Learning Trajectory Berpikir Statistik melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurwanti-adi-rahayu-16709251067.swf

Download (90MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan learning trajectory berpikir statistik melalui pembelajaran berbasis proyek yang meliputi tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan alur berpikir statistik siswa. Penelitian ini mengacu model design research yang dicetuskan oleh Gravemeijer & Cobb, dengan hasil akhir berupa local intruction theory. Desain ini masuk dalam tipe validation study. Terdapat tiga fase dalam design research yakni (1) persiapan untuk percobaan yang meliputi penyusunan hypothetical learning trajectory (HLT); (2) percobaan desain yang terdiri dari pilot experiment dan teaching experiment yang dilaksanakan pada dua kelas yang berbeda dengan masing-masing siswanya berjumlah 32 siswa; (3) analisis retrospektif. Instrumen penelitian yang digunakan yakni HLT. Learning trajectory dalam mengembangkan berpikir statistik diperoleh dari serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara dengan guru untuk menyusun HLT, wawancara dengan siswa untuk mengklarifikasi dan mengkonfirmasi alur berpikir statistik siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat membantu siswa dalam menghasilkan learning trajectory berpikir statistik. Learning trajectory berpikir statistik yang dihasilkan bersifat factual atau terkonfirmasi dalam serangkaian aktivitas pembelajaran berbasis proyek (Project Based-Learning). Pada konstruk berpikir statistik yang pertama yakni menata dan memilah data, siswa dapat mengelompokkan data dalam beberapa kelompok yang berbeda, aktivitas proyek yang memfasilitasi yakni proyek mengelompokkan data, menentukan nilai rata-rata, median, modus, jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semikuartil. Konstruk yang kedua yakni menyajikan data, siswa dapat menyajikan data dalam beberapa penyajian yang berbeda, aktivitas proyek yang memfasilitasi yakni proyek menyajikan data. Konstruk yang ketiga yakni mendeskripsikan penyajian data, siswa mendeskripsikan informasi yang ditampilkan pada penyajian data. Konstruk yang keempat yakni menganalisis dan menafsirkan data, siswa menganalisis dan menafsisrkan penyajian data, nilai rata-rata, median, modus, jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semikuartil. Aktivitas proyek yang memfasilitasi konstruk ketiga dan keempat yakni proyek menganalisis penyajian data, nilai rata-rata, median, modus, jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semikuartil.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning trajectory, HLT, berpikir statistik, design research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:46
Last Modified: 09 May 2019 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59630

Actions (login required)

View Item View Item