PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TAV DI SMK MA’ARIF SALAM

Aji, Bayu Pratama (2018) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TAV DI SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan keaktifan belajar dasar listrik dan elektronika siswa setelah mengikuti metode Kooperatif Tipe Group Investigation pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik audio video SMK Ma’arif Salam, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa setelah mengikuti metode Kooperatif Tipe Group Investigation pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik audio video SMK Ma’arif Salam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video tahun ajaran 2017/2018 di SMK Ma’arif Salam yang berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap pertemuan di setiap siklusnya, pada siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 74,07% Persentase tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I menjadi 78,55%. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 76,31%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase keaktifan belajar siswa sebesar 85,31% Pada pertemuan kedua siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 90,48%. Rata- rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 87,90%.Selain itu metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa. Pada nilai awal pra siklus rata- rata nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 75 pada siklus I rata rata ketuntasan belajar siswa sebesar 76,93 dan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 82,07.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, keaktifan belajar, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59621

Actions (login required)

View Item View Item