Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning Ditinjau dari Disposisi Matematis, Self Efficacy dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP

Supriadi, Supriadi (2018) Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning Ditinjau dari Disposisi Matematis, Self Efficacy dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-supriadi-16709251048.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem-based learning ditinjau dari, (1) disposisi matematis, (2) self efficacy, dan (3) kemampuan penyelesaian masalah matematika pada siswa. Selain itu juga untuk mendeskripsikan perbandingan antara pendekatan problem-based learning dengan pendekatan saintifik ditinjau dari disposisi matematis, self efficacy, dan kemampuan penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sarjo. Kelas VIII A dan VIII B terpilih sebagai sampel. Selanjutnya kedua kelas yang terpilih diambil secara acak untuk memilih kelas yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelornpok kontrol. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan Problem-Based Learning. Kelas VIII B sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran pendekatan saintifik model discovery learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket disposisi matematis, self efficacy dan soal tes kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa. Untuk melihat keefektifan dari pembelajaran dengan pendekatan Problem-Based Learning maupun pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang ditinjau dari disposisi matematis, self efficacy, dan kemampuan penyelesaian masalah matematika pada siswa menggunakan uji t satu sampel. Perbedaan keadaan siswa sebelum perlakuan dan perbedaan keefektifan diukur menggunakan MANOVA. Selanjutnya untuk membandingkan keunggulan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem-based learning efektif ditinjau dari disposisi matematis dan self efficacy siswa. Namun problem-based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan penyelesaian matematika siswa. Pendekatan saintifik juga efektif ditinjau dari disposisi matematis dan self efficacy siswa, dan tidak efektif ditinjau dari kemampuan penyelesaian matematika siswa. Pendekatan problem-based learning tidak lebih efektif dari pada pendekatan saintifik ditinjau dari disposisi matematis, self efficacy, dan kemampuan penyelesaian matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan problem-based learning, disposisi matematis, self efficacy, penyelesaian masalah matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:07
Last Modified: 09 May 2019 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59616

Actions (login required)

View Item View Item