LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Triyani, Triyani (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Triyani_PENDIDIKAN AKUNTANSI_14803241033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasiswa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMA Negeri 5 Yogyakarta mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sebelum pelaksanaan PLT, telah dilakukan observasi pra PLT yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan PLT ini, praktikan melakukan praktik mengajar kelas XII IPS 1 untuk mata pelajaran akuntansi yang setiap minggunya terdiri dari 3 jam pelajaran. Praktikan menggunakan metode ceramah, diskusi, penugasan dan permainan edukatif dalam praktik mengajar di kelas. Materi yang digunakan selama praktik mengajar adalah laporan keuangan perusahaan dagang, persediaan barang dagang, jurnal penutup, buku besar setelah penutupan, dan neraca saldo setelah penutupan. Kegiatan persiapan mengajar yaitu membuat perangkat pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu, juga dilakukan evaluasi bersama guru pembimbing agar praktik mengajar yang dilakukan pada pertemuan selanjutnya lebih baik. Seluruh kegiatan PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit kendala dalam pelaksanaannya, khususnya kendala yang ditemui dalam praktik mengajar di kelas. Namun demikian, kendala tersebut dapat teratasi berkat koordinasi dan hubungan yang baik dengan guru pembimbing, siswa-siswi, pihak sekolah, dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 5 Yogyakarta, Pendidikan Akuntansi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59611

Actions (login required)

View Item View Item