LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) MAN 1 YOGYAKARTA

NOVITA ARMY RATNASARI, NOVITA ARMY RATNASARI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) MAN 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
20. NOVITA ARMY_14405244009_PEND-GEOGRAFI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti setiap mahasiswa jurusan Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan memberikan pengetahuan di luar kampus untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal mahasiswa untuk lebih mengerti tanggungjawab menjadi seorang tenaga pendidik profesional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk sarana penerapan dari ilmu-ilmu yang diperoleh mahasiswa selama menempuh perkuliahan kependidikan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media pengembangan diri mahasiswa dalam menghadapi situasi civitas pendidikan di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa dalam hal ini penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di MAN Yogyakarta 1 yang berlokasi di Jl. C. Simanjuntak, Kota Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT dilakukan bertahap dimulai dari observasi baik observasi fisik sekolah ataupun administratif, serta kondisi siswa dan kelas yang akan digunakan sebagai praktik mengajar. PLT sendiri terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas X IPS 1, X IPS 2 dan X IPS 3. Penerjunan PLT dimulai pada tanggal 18 September 2017 dan berakhir pada tanggal 15 November 2017. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di MAN Yogyakarta 1 ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan, praktik keguruan dan administrasi dalam bidang pendidikan Geografi yang diperoleh di bangku perkuliahan, pengalaman menghadapi murid secara langsung, pengalaman penanganan kelas, mengenal berbagai administratif keguruan dan lainnya. Dengan pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan, mahasiswa dapat meminimalisir kesulitan yang ditemui ketika PLT. Dengan melaksanakan PLT, mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana tugas seorang guru dengan demikian siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru setelah lulus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, mengajar, mahasiswa, MAN Yogyakarta 1, Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59604

Actions (login required)

View Item View Item