PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LMS ( LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ) UNTUK MATA PELAJARAN MULTIMEDIA PRODUKTIF DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Kusumaningrum, Dyah Ayu (2011) PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LMS ( LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ) UNTUK MATA PELAJARAN MULTIMEDIA PRODUKTIF DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DYAH_AYU_KUSUMANINGRUM.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran e-learning adalah sebagai suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet, intranet, ekstranet) dan multimedia (grafis, audio, video) sebagai media dalam penyampaian materi dan interaksi antara pengajar (guru) dan pembelajar (siswa). Tujuan pengembangan e-learning adalah memberi kemudahan dan membantu siswa khususnya kelas X Multimedia dalam belajar mata pelajaran multimedia produktif agar dapat meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian ini adalah RnD (Research and Development), yaitu penelitian untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Terdapat empat tahapan dalam pembuatan e-learning, meliputi (1) analisis sistem yang meliputi analis hardware, software, materi pembelajaran dan sikap siswa, (2) perancangan yang meliputi perancangan desain instruksional, media atau bahan ajar dan software yang digunakan, (3) implementasi, yaitu memproduksi dan mengembangkan e-learning agar bias digunakan, (4) evaluasi, yaitu tahap pengevaluasian dan penilaian e-learning oleh tim ahli untuk menguji kelayakan sistem. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan e-learning adalah moodle (sebuah course management system yang digunakan untuk membuat sebuah proses belajar (learning) dapat dilakukan secara online dan fleksibel). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil pengembangan produk e-learning dapat diakses dengan URL: http://e-viska.web.id. Dari hasil uji kompetensi melalui post-test pada pertemuan pertama, kelas uji coba mempunyai selisih presentase ketuntasan lebih tinggi sebesar 20.67% daripada kelas kontrol, sedangkan pada pertemuan kedua kelas uji coba mempunyai selisih presentase ketuntasan lebih tinggi sebesar 17.20% daripada kelas kontrol. Kualitas produk kemanfaatan e-learning berdasarkan prespektif siswaa termasuk kategori baik dengan rerata 4,16 dari skala 5. Berdasarkan penilaian tersebut maka e-learning yang dikembangkan tersebut bermanfaat digunakan pada siswa multimedia di SMK Negeri 6 Surakarta. Kata Kunci : e-learning, moodle, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:02
Last Modified: 29 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item View Item