LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) MAN 1 YOGYAKARTA

Rayudisa, Alya Hafizh (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) MAN 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14. ALYA_14406244001_P.SEJARAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang akan menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Pelaksanaan PPL berlangsung selama 2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017 di MAN 1 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan C. Simanjuntak No 60 Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai dari observasi hingga pelaksanaan yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Selain itu kegiatan PLT juga mencakup praktik manajemen administrasi sekolah baik itu administrasi di bagian Tata Usaha (TU) maupun perpustakaan. Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan telah dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas X IPS 2. Adapun hasil yang dicapai selama PLT ialah mahasiswa mendapat pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan berbagai hal mengenai manajemen administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mendapat pengalaman merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi kondisi maupun situasi yang ada. Selama pelaksanaan dirasa tidak terdapat kendala yang begitu berarti. Dapat dikatakan, proses PLT mahasiswa UNY di MAN 1 Yogyakarta berjalan dengan sangat lancar sesuai dengan rencana. Kegiatan PLT ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi ilmu selama di kampus benar – benar diterapkan saat PPL berlangsung. Miskonsepsi yang dahulu diterima waktu mahasiswa berada di bangku kuliah dapat segera diperbaiki karena sudah memahami kendala dan solusinya di lapangan secara nyata. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PPL ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), MAN 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:28
Last Modified: 02 Oct 2019 02:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59597

Actions (login required)

View Item View Item