PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR ELEKTRONIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAKEM SISWA KELAS X AV 1 SMK MUHAMMADIYAH I BANTUL

Kurniawan YS, Iwan (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR ELEKTRONIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAKEM SISWA KELAS X AV 1 SMK MUHAMMADIYAH I BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
IWAN.K_09502242002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Alat Ukur Elektronika siswa kelas X AV 1 SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan metode PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AV 1 SMK Muhammadiyyah 1 Bantul. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga diperoleh simpulan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 56,25% kemudian naik menjadi 68,75% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 81,25% pada siklus III dengan indikator ketercapaian hasil belajar melebihi dari yang ditetapkan yaitu 70% dari keseluruhan siswa dengan mendapat nilai minimal 76. Perolehan hasil belajar siswa berbanding lurus dengan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam belajar yang menunjukkan adanya kenaikan pada setiap siklus. Keaktifan siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (25,0%) , siklus II (35,42%), dan siklus III (48,56%). Keaktifan siswa dalam diskusi mengalami peningkatan dari siklus I (46,88%), siklus II (58,33%) dan siklus III (73,96%). Keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran mengalami peningkatan dari siklus I (50,0%), siklus II (62,50%) dan siklus III (73,96%). Kreatifitas siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (21,88%) , siklus II (30,21%), dan siklus III (40,63%). Kreatifitas siswa dalam diskusi mengalami peningkatan dari siklus I (44,79%), siklus II (57,29%) dan siklus III (76,04%). Kreatifitas siswa dalam mengikuti pelajaran mengalami peningkatan dari siklus I (40,63%), siklus II (64,58%) dan siklus III (76,04%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran pakem pada siswa kelas X AV 1 SMK Muhammadiyah 1 Bantul dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Alat Ukur Elektronika dengan pokok bahasan Multimeter. Kata Kunci : Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, PAKEM, Alat Ukur Elektronika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:04
Last Modified: 29 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item